Calon pembeli mobil pastinya senang kalau membeli mobil bisa tanpa uang muka alias DP. Mereka bisa menggunakan uang DP untuk keperluan lain. Kalangan pabrikan pun meyakini secara tidak langsung, pembelian mobil tanpa DP akan menguntungkan perusahaan karena akan mempercepat penjualan mereka.

Hal ini sendiri diungkapkan oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM) yang 80 persen pelanggannya membeli produk mereka dengan sistem kredit. “Sebagai penjual tentu aturan yang baru saja dikeluarkan OJK akan menguntungkan bagi kami. Karena seperti yang saya bilang 80 persen penjualan Daihatsu itu pola pembeliannya adalah kredit,” ujar Marketing & CR Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Hendrayadi Lastiyoso.

Meskipun demikian mengenai kebijakan ini, Hendra mengatakan keputusan akhir tetap akan ditentukan oleh perusahaan pembiayaan sendiri. Hal ini dikarenakan setiap perusahaan pembiayaan memiliki syarat dan ketentuan tersendiri terhadap nasabah mereka.

“Tapi kalau lihat pendapat dari perusahaan leasing, mereka juga punya aturan mana yang berhak mendapatkan DP 0 persen. Kemudian mereka juga tidak serta merta semuanya bisa, mereka akan menyeleksi untuk memberikan dp 0 persen kepada customer yang benar benar dianggap sehat bagi mereka,” tutur Hendra.

Meskipun secara teori DP 0 persen akan menguntungkan, Hendra mengatakan tetap akan memperhatikan seberapa besar pengaruhnya terhadap penjualan produk mereka. “Secara teori harusnya kami diuntungkan dengan kebijakan tersebut. Tapi, karena itu juga baru diberlakukan, jadi kami belum melihat keuntungan itu, karena teman-teman leasing juga memberikan DP 0 persen dengan sangat hati-hati ya. Mungkin dalam beberapa bulan ke depan baru bisa dilihat seberapa besar dampaknya,” tutupnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here